Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

3 Hal Sebelum Membuat Kandang Ayam

Share
Facebook Twitter

3 Hal Sebelum Membuat Kandang Ayam

Membuat kandang ayam merupakan hal utama bagi kamu yang akan memulai bisnis ternak ayam. Pertama-tama yang harus kita perhatikan adalah memilih jenis kandang ayam. Kandang merupakan sesuatu hal yang penting bagi peternak ayam. Fungsinya tidak hanya sebagai tempat penampungan ayam ternak saja. Atau tidak hanya sebagai tempat istirahat ayamn pada malam hari saja. Tetapi sebagai tempat manajemen perawatan sehari-hari.

Sebagai pengusaha tentu kita harus tahu bagaimana cara membangun kandang yang aman dan strategis. Meninjau dari segi tempat, jenis kandang, kebutuhan volume ternak, sirkulasi udara sampai perencanaan budget yang akan kamu keluarkan. Diluar dari perencanaan dan budget, kali ini admin akan membahas tentang spesifikasi kandang ayam peternak pada umumnya. Berikut 3 hal sebelum membuat kandang ayam :

1.) Menentukan Jenis Kandang
  • Kandang Panggung

Setiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu memilih kandang jenis ini, pengelolaan akan lebih efisien karena tidak memerlukan alas kendang. Untuk kotoran yang langsung jatuh ke bawah panggung dan lantai selalu bersih. Selain itu, penyebaran penyakit akibat menumpuknya kotoran bisa berkurang, karena sisa pakan bisa sebagai pakan ikan.

  • Kandang Postal

Sedangkan kandang postal adalah kandang berlantai. Kandang ini lebih familiar untuk peternak karena lebih mudah dan lebih murah. Lantai kandang biasanya terbuat dari tanah, beton atau kayu. Untuk dinding bisa terbuat dari bata/beton, kayu, maupun jaring kawat yang kuat. Kekurangan kandang postal adalah ayam sering terganggu oleh hewan lain seperti mamalia tikus/kucing maupun hewan reptil seperti ular, dll.

2.) Memperhatikan Lantai Kandang

Lantai kandang biasanya terbuat dari tanah atau semen, namun ada yang memakai jerami, kulit kacang, serbuk gergaji, potongan kertas bekas dan serutan kayu. Bahan ini adalah sekam karena jumlahnya banyak dan mudah untuk kamu peroleh. Ketebalan alas untuk memelihara ayam potong dari umur 1 hari sampai panen antara 5cm hingga 10cm. Jika dalam keadaan basah dan lembab sekam harus kamu ganti yang baru.

Berikut adalah kualifikasi bahan sekam yang baik :

  • Beraya serap tinggi
  • Bebas debu /kotor
  • Sukar dimakan ayam
  • Bahan tidak beracun
  • Murah /berlimpah
  • Mudah untuk diganti
3.) Menghitung Volume Kandang

Saat berencana membuat kandang ayam yang standar dan ideal salah satunya dengan menentukan pada daerah tropis. Lokasi kandang yang baik adalah yang tidak berdekatan dengan lokasi pemukiman penduduk. Dan juga dekat dengan sumber air, serta memiliki akses jalan masuk setidaknya untuk kendaraan roda dua. Selain itu, menentukan ukuran yang ideal juga dapat membantu kita untuk melihat tingkat kepadatan populasi ayam potong berdasarkan umurnya, seperti berikut:

  • 20 – 40 ekor per m2 untuk umur < 1 minggu
  • 10 – 20 ekor per m2 untuk umur 2 mingguan
  • 5 – 10 ekor per m2 untuk umur > 2 minggu

Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk menjadi pebisnis/peternak ayam? rencanakan kandang ayam sebaik mungkin. Karena membuat kandang ayam tidak sesimpel yang kita pikirkan, namun pembuatannya tetaplah mudah apabila kita tahu perencanaanya. Dengan begitu produksi ayam peternak jauh meningkat pesat karena kualitas kandannya yangmembantu dalam quality control.


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?