Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler Modern

Share
Facebook Twitter

Cara Bisnis Ternak Ayam - Pasti semua orang ingin menjalankan bisnis agar bisa mendapatkan penghasilan dan keuntungan. Nah, salah satu bisnis yang memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan adalah bisnis ayam potong. Karena setiap orang pasti sangat familiar dengan ayam potong. Bagaimana tidak, makanan ini sering kamu konsumsi sehari-hari sebagai lauk pauk. 

Apabila kamu bisa memanfaatkan peluang ini, tidak akan mustahil kamu bisa mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang. Apalagi, jangka panen ayam potong terhitung cukup cepat dibandingkan dengan ayam kampung. Untuk menuju usia potong dengan berat mencapai sekitar 2 kg saja sangat cepat. Kamu bisa memanen dengan kurun waktu sekitar 30 sampai 40 harian saja.

Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler Modern

 

Cara bisnis ternak ayam potong juga butuh sedikit kemampuan. Jika kamu pandai mengelola alur bisnis sekaligus bisa melakukan strategi pemasaran maka peluang usaha sangat menjanjikan. Hal ini karena kebutuhan dari ayam potong terus meningkat. Apakah kamu berminat dengan usaha ini? Cari tahu dulu bagaimana cara ternak ayam peternak dari perawatan sampai panen.

Tentu saja dalam menjalankan bisnis yang berkaitan dengan ternak dan makhluk hidup tidak bisa sembarang dan asal-asalan. Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat ternak ayam potong supaya bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda. Nah, berikut ini adalah cara memulai bisnis ternak ayam broiler supaya memberikan keuntungan :

  • Menentukan Lokasi Kandang

Cara bisnis ternak ayam yang pertama adalah kandang. Kandang merupakan hal utama yang harus kita perhatikan. Dalam memilih lokasi kandang kita harus visioner memprediksi apa saja yang akan terjadi di kemudian hari. Apakah jika usaha semakin besar kandang juga akan diperluas? Jika terjadi musibah (banjr, kebakaran, angin kencang) apakah kandang bisa tahan dari semua problem tersebut?

Biasanya, tipe kandang ternak ayam broiler adalah tipe panggung dan melantai. Setiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh saja tipe panggung misalnya, akan cenderung lebih bersih karena kotoran akan langsung jatuh ke tanah. Namun dalam pembuatannya akan lebih sulit dan biaya akan membengkak. Sedangkan tipe kandang melantai perawatannya cenderung lebih rumit. 

  • Memperhatikan Lingkungan

Cara bisnis ternak ayam yang kedua adalah lingkungan. Selain jenis kandang, lingkungan kandang juga perlu kamu perhatikan. Lokasi kandang yang tepat adalah cukup jauh dari lokasi pemukiman penduduk. Selanjutnya dekat dengan sumber air, serta memiliki akses jalan masuk mobil. Lebih dari itu, pastikan juga sirkulasi udara dalam kandang. Apakah mencukupi atau tidak? Setting suhu udara kandang sesuai dengan usia ayam.

Untuk ayam umur 1-10 hari suhunya sekitar 30-35 derajat celcius. Selanjutnya jika usia 11-20 hari suhunya sekitar 25-30 derajat celcius. Apabila usia 21 hari keatas maka suhunya 20-25 derajat celcius. Cara bisnis ternak ayam memang gampang-gampang sulit. Lebih sulit jika kamu tidak punya wawasan apalagi minim pengalaman.

  • Membeli Bibit Ayam Unggulan

Untuk bisa mendapatkan ayam potong yang unggul, Anda juga perlu memperhatikan bibit yang Anda beli. Bibit yang unggul biasanya memiliki ciri dari bentuk tubuh yang bulat, lincah, mata jernih. Hidung dan anus bersih, serta bulu-bulunya tidak memiliki cacat. Pembelian bibit biasanya dilakukan per box isi 100 ekor. Kadang-kadang penjual bibit melebihkan sekitar 2-5 ekor bibit per box-nya.

Nah untuk hal ini kami merekomendasikan kalian bekerja sama dengan perusahaan penetasan telur ataupun perusahaan yang memproduksi bibit ayam peternak. Dengan begitu jangkauan bisnismu tidak terlalu luas dan mudah di handle. Namun kembali lagi kepada kesanggupan kamu untuk menetaskan telur ayam bibit tersebut. Jika perusahaanmu cukup besar dan mampu untuk menanggung operasional tersebut, maka lebih baik

[ Baca Juga Artikel: Tanya Veronika Asisten Virtual ]

  • Memilih Pakan yang Berkualitas

Cara bisnis ternak ayam yang keempat adalah pakan yang berkualitas. Setelah memilih bibit unggul, perhatikan juga pakan yang Anda berikan ke ayam yang Anda ternakkan. Pakan yang berkualitas haruslah dapat memberikan cukup nutrisi untuk ayam. Biasanya, pakan yang berkualitas memiliki kandungan zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral di dalamnya. Jadwal pemberian pakan adalah rutin pagi dan sore

Selanjutnya, pastikan tempat makan dan minum ayam potong selalu terisi agar berat badan ayam cepat bertambah. Selalu jaga kebersihan tempat pakan. Selain pakan kamu juga harus menyiapkan nutrisi tambahan sebagai vaksin atau obat ayam. Dikarenakan ayam broiler adalah ayam yang rentan terkena penyakit. Ras ayam broiler merupakan salah satu ras ayam yang memiliki imunitas rendah dibanding ras ayam yang lain.

  • Pemeliharaan Ayam Broiler

Cara bisnis ternak ayam yang terakhir adalah pemeliharaan. Setelah melakukan hal-hal sebelumnya, kadang saja ada hal yang diluar dugaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengawasi kondisi ayam secara berkala. Saat bibit ayam diterima, biasanya ayam akan terlihat lemas dan kelelahan akibat perjalanan. Buat manajemen prosedur yang tepat dalam memelihara ayam ternak.

Bagi tugas setiap karyawan maupun tim bisnismu secara ideal. Mulai dari kurir distributor, tim pemasaran, tim pengolah daging, operasional, keuangan, penjaga kandang ayam sampai kebutuhan yang lain. Hal-hal diluar bisnismu pun harus kamu kuasai seperti ekonomi di pasaran dan prediksi kebutuhan ayam. Pemeliharaan ayam yang baik adalah jika usia ayam sama dengan berat kg ayam standar. Dan jumlah bibit ayam masuk sama dengan jumlah ayam potong terjual.


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?