Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

Tips Agar Ayam Goreng Matang Sempurna

Share
Facebook Twitter

Terkadang saat sedang asik menikmati ayam goreng, masih saja ada bagian yang tidak matang merata. Sehingga kita harus menggoreng lagi, dan bisa membuat bagian yang sudah matang menjadi gosong. Untuk menghindari hal berikut terjadi lagi, yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Ayam yang digunakan

Jangan memilih ayam gemuk untuk membuat ayam goreng, cukup dengan ayam yang biasa saja, tidak terlalu gemuk. Ukuran ayam yang kecil akan membuat seluruh bagian ayam terendam dengan baik di dalam minyak. Jika ingin menyajikan ayam goreng dengan ukuran besar, sebaiknya olah ayam terlebih dahulu. Bisa dengan cara diungkep atau dikukus. Proses pematangan ini akan membantu mematangkan ayam secara merata hingga bagian dalam.

2. Pastikan Ayam Sudah Pada Suhu Ruang

Jangan langsung menggoreng ayam yang baru saja dikeluarkan dari dalam freezer atau lemari pendingin. Pastikan ayam sudah pada suhu ruang terlebih dulu. Ayam yang digoreng dalam kondisi dingin hanya akan matang di bagian luarnya saja. Jadi, sebaiknya keluarkan dulu ayam dari dalam freezer atau lemari pendingin sebelum digoreng.

3. Penanganan Sebelum digoreng

Sebelum digoreng, daging ayam bisa ditusuk-tusuk menggunakan garpu dan dipukul perlahan dengan garpu Tujuannya agar saat menggoreng minyak bisa meresap ke bagian dalam ayam lebih cepat hingga ke tulang.

4. Perhatikan Jumlah Minyak

Untuk menggoreng, minyak yang digunakan harus dalam jumlah banyak. Sehingga, dapat merendam seluruh bagian ayam. Jika ayam terendam saat digoreng, maka sudah pasti proses pematangan ayam akan lebih merata hingga ke bagian dalam.

5. Jangan Terlalu Sebentar Menggoreng

Menggoreng ayam dalam waktu yang sebentar cenderung hanya mematangkan bagian luar daging ayam saja. Sedangkan, bagian dalam belum matang. Oleh karena itu, sebaiknya ayam digoreng dalam waktu yang cukup lama. Supaya ayam matang merata hingga ke bagian dalamnya.

6. Jangan Gunakan Api yang Terlalu Besar

Cukup gunakan api sedang cenderung kecil untuk menggoreng ayam. Dan juga, dengan menggunakan minyak yang sudah pada suhu panas sedang. Ayam yang digoreng dengan api kecil bertujuan agar panas minyak bisa merata hingga ke bagian dalam ayam, dan membuatnya matang merata. Ditambah lagi, kita butuh waktu yang cukup lama untuk menggoreng ayam, sehingga jangan gunakan api yang terlalu besar. Dengan tips ini, pasti masalah saat menggoreng ayam bisa teratasi.

Jangan lupa langsung dicoba ya.

 

Source: Sajiansedap


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?