Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

Pilih Ayam Frozen atau Fresh?

Share
Facebook Twitter

Mayoritas konsumen daging ayam di Indonesia ini lebih meimilih daging ayam segar yang baru baru saja di potong. Mereka jauh lebih percaya, sebab secara psikologis mereka lebih mantap beli ayam secara langsung lihat proses penyembelihannya. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum anda membeli daging ayam frozen.

Pertimbangan Memilih Daging Ayam Frozen vs Daging Ayam Fresh

  1. Kelemahan daging ayam segar ini adalah hasil pemotongan misalnya saja jam 6 pagi, 4 jam kemudian sudah terlihat berwarna hijau dan mulai membusuk. Salah satu cara mengawetkan adalah dengan didinginkan atau dibekukan.
  2. Daging ayam segar tanpa pengawet dengan daging ayam frozen keduanya sama sehat. Kandungan gizi yang ada di dalam daging ayam frozen ini tak berubah. Gizi, khususnya vitamin akan turun ketika suhu dipanaskan. Kehilangan nutrisi sebab sangat kecil.
  3. Memang benar daging ayam frozen ini tak bebas dari bakteri maupun kuman, bakteri dan kuman tetap ada, akan tetapi bisa bisa berkembang. Dan selama penanganannya baik, maka bakteri dan kuman tidak akan bertambah. Penanganannya tersebut berupa daging yang dikemas dengan baik pada suhu konstan serta tidak terpapar suhu diatas 10 derajat celcius. Sebab suhu diatas 10 derajat celcius ini akan menjadikan kuman dan bakteri mulai tumbuh kembali. Jadi bisa Anda bayangkan bagaimana daging ayam fresh yang dijajakan hingga berjam – jam terbuka di pasar tradisional.
  4. Masa simpan daging ayam pada suhu kamar atau tempat terbuka tanpa penambahan bahan – bahan aneh paling lama 5 – 6 jam sudah berbau. Bahkan lebih dari itu, umumnya daging ayamnya sudah tak bagus lagi, sebab bakteri dan kuman berkembang selama 15 menit. Jika pada daging ayam tersebut hanya mengandung satu bakteri maupun kuman, maka dalam waktu lebih dari 5 jam saja bisa mencapai lebih dari 1 juta bakter dan kuman.
  5. Daging ayam frozen bisa bertahan hingga tahunan. Pada suhu dibawah 18 derajat celcius, daging ayam utuh bisa bertahan hingga 12 bulan, sementara itu daging ayam yang sudah dipotong – potong bisa bertahan 9 bulan. Tapi, tak mungkin penjual menyimpan hingga 1 tahun lamanya.

Proses Pencairan Ayam Frozen

Proses ini bertujuan untuk melembekkan daging ayam frozen sebelum akhirnya dimasak. Biasanya dilakukan dalam refrigerator atau kulkas maupun microwave pada mode refrost. Dan pencairan ini juga dilakukan pada air mengalir yang dingin, bukannya dengan air panas.

Jika sudah melewati proses thawing tersebut daging ayam yang tidak segera dimasak, kuman atau bakterinya akan berkembang lagi. Ayam frozen maupun ayam fresh itu pilihan.

Demikian informasi tentang tips pilih daging ayam frozen atau daging ayam fresh yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda.


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?