Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

Tips Memasak Agar Ayam Lebih Lembut

Share
Facebook Twitter

Memasak merupakan salah satu rutininas harian yang kerap dianggap merepotkan. Ya, selain bingung memilih menu yang akan dibuat, cara pembuatan masakan yang rumit juga sering menjadi hambatan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya akan memasak bahan makanan yang mudah diolah. Salah satunya adalah ayam. Dikenal sebagai bahan pangan yang nikmat dan kaya nutrisi, ayam kerap dibuat menjadi menu masakan nikmat, mulai dari ayam goreng, ayam tumis, hingga sup ayam.

Kendati demikian, untuk membuat sajian ayam yang lezat, sejatinya dibutuhkan beberapa tips dan trik khusus agar tekstur, serta rasa dagingnya lebih lembut dan gurih. Bukan itu saja, penggunaan tips-tips ini juga akan membuat bumbu yang digunakan semakin meresap dengan sempurna.

Lantas, bagaimana tipsnya?

1. Membumbui ayam

Sebelum mengolah ayam, pastikan untuk membumbuinya terlebih dahulu. Tak hanya memperkaya rasa daging, teknik ini juga akan membuat tekstur daging lebih lembut dan berserat. Bumbui daging ayam sekitar 2-3 jam sebelum memasaknya agar rasanya semakin nikmat.

2. Brine

Teknik memasak yang selanjutnya adalah brine. Hampir serupa dengan marinasi, teknik ini dilakukan dengan cara merendam daging ayam dengan tambahan campuran bumbu, seperti yoghurt, garam, air, dan gula.

Selain sederet bumbu tersebut, kamu juga bisa mengkreasikan air rendaman tersebut dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti lada hitam, bubuk paprika, atau bubuk bawang putih. Dan, biasanya, untuk mendapatkan cita rasa ayam yang sedap, dibutuhkan perendaman dengan waktu yang cukup lama, yakni 5-8 jam.

3. Memenyet ayam

Memenyet atau memipihkan daging ayam juga akan membuat cita rasa sajian semakin nikmat. Caranya, ambil bagian dada ayam, lalu pukul-pukul perlahan hingga tekstur dagingnya lebih empuk. Bumbui daging ayam dengan bumbu sederhana, seperti garam dan lada sambil dipijat-pijat perlahan, lalu masak sesuai selera.

4. Iris daging

Agar daging ayam semakin nikmat, kamu juga bisa menggunakan teknis mengiris. Ya, sebelum mengolahnya, iris tipis daging ayam mengikuti alur serat daging, setelah itu pukul-pukul daging agar lebih empuk. Biasanya, teknik satu ini sangat cocok digunakan untuk ayam panggang atau ayam goreng.

5. Tidak memasak terlalu lama

indari memasak daging ayam terlalu lama. Sering dilakukan agar ayam matang sempurna, memasaknya terlalu lama rupanya dapat membuat tekstur dan serat daging menjadi lebih keras, serta kering. Karenanya, perhatikan waktu pemasakan ayam, dan jangan lupa untuk membolak-balikannya agar seluruh permukaan daging ayam matang merata.


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?