Artikel

Hadi Sewu Ayam Suplier Ayam Terbaik

Jenis-Jenis Strain Ayam Broiler Di Indonesia

Share
Facebook Twitter

Selamat siang semuanya, tahukah anda jenis-jenis strain ayam broiler di indonesia

Ayam broiler pertama kali di budidayakan di Indonesia pada tahun 1950-an. Namun mulai populer sejak tahun 1980-an. Sebelumnya, kebutuhan daging ayam di Indonesia dipenuhi dengan ayam buras seperti ayam kampung. Namun budidaya ayam kampung tidak bisa memenuhi permintaan daging ayam karena produksinya lumayan lama, baru bisa dipanen setelah berumur 8 bulan. Meski saat ini ada juga jenis ayam kampung yang bisa dipanen pada umur 2,5 bulan.

Pertumbuhan yang lambat membuat usaha budidaya ayam kampung tidak ekonomis. Di sisi lain, konsumen belum bisa menerima tekstur dan rasa daging ayam broiler. Sejak tahun 1981, pemerintah gencar mempromosikan ayam broiler. Langkah ini diambil untuk mengejar kecukupan kebutuhan protein masyarakat. Dimana daging dari ruminansia mulai langka dan harganya mahal. Sedangkan pertumbuhan ayam kampung sangat lambat. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai bisa menerima daging ayam broiler karena harganya yang relatif lebih murah.

Kini budidaya ayam broiler banyak dilakukan dengan skema bisnis kemitraan. Dimana industri besar menyediakan mulai dari bibit, pakan, obat-obatan, terkadang hingga ke pemasaran. Sedangkan peternak mitra fokus di usaha pembesaran. Skema seperti ini banyak menyulut kontroversi karena posisi peternak sangat lemah dibanding perusahaan.

Jenis-jenis starin ayam broiler yang ada di indonesia:

1. Ayam Broiler Cobb

Sudah banyak dikembangkan dan populer dibelahan dunia, mencapai -+60 negara sudah mengembangkan dan membudidayakan ayam strain tersebut. Strain ini memiliki kefokusan hanya memperbaiki performa rasio dari pemberian pakan, secara genetik, strain ini dikembangkan untuk menentukan hasil daging dada dan paha yang bagus serta berkualitas.

2. Ayam Broiler Ross

Dikembangkan untuk FCR (Feed Confersion Ratio) yang sangat efesien, pertumbuhan yang cepat,dan daya tahan tubuh yang baik. Perkembangan ayam broiler ross ini memfokuskan pengembang genettik yang diarahkan untuk memiliki kaki yang kuat, untuk menopang bobot badan yang akan diperoleh cukup besar.

3. Ayam Broiler Hybro

Dengan strain yang hanya memfokuskan pengembangan untuk ketahanan daya hidup. Performan untuk daerah tropis cukup baik dan memiliki ketahanan terhadap penyakit Ascites, fokus terhadap pengembang genetik pada hasil karkas.

Itulah jens jenis strain ayam broiler yang banyak  dikembangkan dan di budidayakan di indonesia. Semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.


Segar Ayamnya Cepat Layanannya
Ada yang bisa kami bantu?